fbpx
Berita WilayahTabanan

Bupati Sanjaya Pantau Pemasangan Patung RSUD Tabanan dan Awasi Pembangunan Fasilitas Kantor

TABANAN | suaratabanan.id – Tugas Pemerintah Daerah dalam menjalankan roda pemerintahan, haruslah berjalan dengan seimbang. Inovasi demi inovasi, harus sesuai dan saling terintegrasi dengan pembangunan yang dilakukan. Seperti halnya hari ini, usai menunaikan tugas berkantor di Desa Bangli, Baturiti, Bupati Tabanan, Dr. I Komang Gede Sanjaya.,S.E.,M.M, pantau pemasangan patung di RSUD Tabanan dilanjutkan dengan mengecek pembangunan fasilitas kantor, Selasa (28/11).

Satu persatu, pembangunan yang dilakukan di Kabupaten Tabanan mendapat atensi dan perhatian yang serius dari pemerintah. Dalam hal ini Bupati Sanjaya didampingi oleh Sekda, Para Asisten Setda beserta para OPD Terkait di lingkungan Pemkab Tabanan, bersama-sama melakukan peninjauan terhadap penataan pembangunan RSUD Tabanan dan pemasangan patung dengan seksama, meskipun hujan nampak mengguyur deras sore itu.

Saat melakukan peninjauan, pihaknya dengan antusias ikut terlibat dalam tata letak penempatan patung. Beberapa patung yang dipasang di sekitaran area Rumah Sakit, yakni Patung Dewi Pembawa Air Mancur sejumlah 8 patung ditempatkan di dinding Rumah Sakit. Selanjutnya, Patung Dewa Aswin yang dipasang di samping nama RSUD Tabanan, 2 Patung Gajah di lokasi pintu masuk, yang kesemuanya adalah hasil karya pematung Nyoman Sudarwa dari Penarukan.

Baca Juga:  Tetap Kokoh, PDI Perjuangan Tak Terbantahkan di Kabupaten Tabanan

Pemilihan patung yang dipasangpun bukannya tanpa arti, akan tetapi, setiap patung memiliki simbol dan makna tersendiri. “Mudah-mudahan dengan simbol Dewa ini dipasang, masyarakat Tabanan bisa tersembuhkan, sehat semua, kalau sehat kan tidak perlu berobat, yang penting sehat. itulah filosofinya,” jelas Sanjaya dalam wawancara singkat sore itu.

Patung Gajah, bagi Sanjaya juga memiliki makna penting, seperti halnya simbol Dewa Ganesha. Gajah menjadi makhluk Tuhan yang paling bijaksana. “Kita tahu Gajah adalah binatang paling bijaksana, jadi Direktur, Dokter, Pimpinan di Rumah Sakit bisa selalu bijaksana dalam menjalankan tugas. Karena di dalam Rumah Sakit ini urusannya kompleks, dengan adanya patung gajah jadi bisa terilhami, seperti Dewa Ganesha,” ujarnya lebih lanjut.

Baca Juga:  Tetap Kokoh, PDI Perjuangan Tak Terbantahkan di Kabupaten Tabanan

Saat itu, Sanjaya juga menegaskan untuk para petugas agar memperhatikan ornamen-ornamen dan hiasan yang dipasang agar sesuai dengan kesenian khas Tabanan yang sarat akan makna. “Semua memiliki filosofi sendiri-sendiri. Astungkara pematung, pemborong semua bisa menerjemahkan ide-ide ini. Tabanan harus berbangga memiliki semua hal yang memiliki nilai filosofi tinggi,” imbuh Sanjaya.

Usai meninjau pemasangan patung, Sanjaya melanjutkan kegiatan, yakni mengecek pembangunan fasilitas kantor di area Kantor Bupati Tabanan. Sembari hujan bertambah deras tidak menghentikan langkah Bupati untuk memeriksa setiap detail pembangunan yang ada. Disamping memiliki filosofi, pembangunan yang ada harus sesuai estetika dan kualitas. (ST-R)