fbpx
EkonomiTabanan

Dukung Ketahanan Pangan Polsek Seltim Tanam Jagung

TABANAN, SUARATABANAN.id- Kapolsek Selemadeg Timur melakukan penanaman jagung dalam rangka menjaga ketahanan pangan di Desa Mambang, Kecamatan Selemadeg Timur, Kabupaten Tabanan, Jumat (14/5/2022).

Kapolsek  Selemadeg Timur AKP Ni Luh Komang Sri Subakti di damping Perbekel Desa Mambang, Bhabinkamtibmas dan petani jagung mengatakan, penanaman jagung tersebut.

“Ini adalah satu upaya untuk memulihkan perekonomian masyarakat bidang ketahanan pangan. Melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Bali mengembangkan kawasan jagung yang Luasnya 5.23 hektare tersebar di sejumlah kabupaten/kota di Bali.

Baca Juga:  Forgimala Tabanan Siap Jaga Harmoni Award

Antara lain di Kabupaten Klungkung, Karangasem, Tabanan, Jembrana dan Bangli,”katanya.

Hal ini dilakukan sebagai upaya dalam rangka program  ketahanan pangan dari pemerintah provinsi Bali melakukan penanaman jagung bersama petani.

AKP Sri Subakti menambahkan, untuk meningkatkan produksi tanaman jagung serta untuk meningkatkan penghasilan para petani yang sudah lama terdiam dikarenakan situasi covid 19.

Dengan adanya ketahanan pangan ini bisa membantu para petani jagung khususnya di desa mambang wilayah Kecamatan Selemadeg Timur.

Baca Juga:  Forgimala Tabanan Siap Jaga Harmoni Award

Selain jagung pada lahan yang sama ditanam ubi kayu dan kacang-kacangan. Sehingga setelah panen jagung, petani masih punya sumber pangan yakni ketela pohon dan kacang.“Jadi cadangan pangannya di kebun, bukan di rumah,” jelas kapolsek.

Untuk pengembangan jagung pemerintah provinsi bali memberikan Bantuan tersebut pemanfaatan  untuk pengadaan bibit jagung hibrida.

Kapolsek berharap, pengembangan budidaya jagung hibrida diwilayah Desa Mambang khususnya wilayah Kecamatan Selemadeg Timur sesuai dengan yang diinginkan,”pungkasnya.[st]