fbpx
InfotainmentTabanan

Dukung Konsep Ngayah, Bupati Sanjaya Hadiri Kikian Festival 2023

TABANAN | suaratabanan.id – Festival seringkali didefinisikan sebagai suatu pagelaran hiburan atau edukasi untuk masyarakat dan kerap juga ditujukan sebagai ajang untuk melakukan promosi usaha.

Menariknya kali ini, Desa Adat Kikian, Desa Pupuan Sawah, Kecamatan Selemadeg menggelar Kikian Festival 2023 dengan konsep konser amal “Ngayah” sebagai ajang untuk penggalian dan, 5 – 6 Mei 2023.

Festival yang ditujukan untuk penggalian dana dalam pembangunan Pura Puseh Desa Adat Kikian ini menghadirkan artis-artis Bali ternama dan dihadiri secara langsung oleh Bupati Tabanan Dr. I Komang Gede Sanjaya, SE, MM, Sabtu, (6/5).

Turut hadir anggota DPRD Tabanan, Made Suryani, OPD terkait, Camat dan unsur Forkopimcam Selemadeg, Perbekel serta Bendesa Adat setempat.

Bupati Sanjaya merasa sangat berbangga sekaligus sangat bersyukur memiliki Desa Adat maupun Desa Dinas yang tidak pernah menyerah dengan keadaan serta mampu melakukan inovasi membangun Desa setelah mengalami masa susah diterjang pandemi.

Begitu juga dengan langkah fundamental guna mendorong geliat ekonomi dengan menginisiasi sebuah festival yang tentunya mampu potensi-potensi yang ada di Desa.

Pagelaran ini berlangsung selama 2 (dua) mulai dari tanggal 5-6 Mei 2023 dengan menghadirkan beberapa artis ternama di Bali. Diantaranya ; Lolot, Celekontong Mas, Ayu Saraswati, Dek Ulik, Widi Widiana, Ray Peni, Bagus Wirata, Yan Srikandi, Gus Jody, serta pembawa acara Kakul dan Keyla.

Baca Juga:  Ketua DPRD Kabupaten Tabanan Ajak Masyarakat Gemar Makan Ikan

Festival ini tepatnya digelar di depan Balai Banjar Desa Adat Kikian, Desa Pupuan Sawah, Kecamatan Selemadeg.

Selaku Kepala Daerah, Bupati Sanjaya memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang terlibat dalam kegiatan ini, sekaligus mendukung Kikian Festival 2023, apalagi dengan konsep Ngayah.

Konsep ini dikatakan Sanjaya sangat sesuai dengan apa yang digaungkan pihaknya kepada seluruh jajaran dalam mewujudkan visi Menuju Tabanan Era Baru yang Aman, Unggul dan Madani, (AUM).

“Dari sisi pembangunan, Desa Adat Kikian, Pupuan Sawah saya lihat sudah sangat luar biasa. Astungkara tiang punya janji dulu ketika tiang bisa menjadi Bupati, tiang komitmen bagaimana memperbaiki infrastruktur jalan yang ada di Selemadeg. Astungkara begitu tiang masuk menuju Desa ini, syukur jalan sudah terhotmix, gotnya bagus dan saya juga sangat bangga dengan kekompakan yang dimiliki oleh masyarakat,” ujar Sanjaya.

Orang nomer satu di Tabanan itu juga berpesan agar seluruh masyarakat mampu merawat infrastruktur yang telah ada juga tidak kalah pentingnya agar selalu memperhatikan kelestarian lingkungan karena sebagian besar masyarakat Tabanan sangat tergantung pada kelestarian lingkungan. Yang mana Tabanan merupakan daerah agraris yang tergantung pada hasil pertanian yang diharapkan mampu dipertahankan dan ditingkatkan guna menunjang ketahanan pangan dan kesejahteraan masyarakat.

Baca Juga:  Ketua DPRD Kabupaten Tabanan Ajak Masyarakat Gemar Makan Ikan

Selain itu, Sanjaya juga menghimbau kepada seluruh pemangku kepentingan yang ada di Desa Adat Kikian agar selalu berkoordinasi dengan pihaknya, baik terkait pembangunan ataupun koordinasi tentang program-program yang bermanfaat untuk masyarakat.

Sanjaya juga berpesan, apabila ada program Desa yang bermanfaat untuk masyarakat agar disampaikan, sehingga bisa dikawinkan dengan program pemerintah agar lebih maksimal.

Sebelumnya saat audiensi ke Kantor Bupati, Kapyot selaku penggerak Kikian Festival 2023 dan juga seorang youtuber menuturkan bahwa festival konser amal ini merupakan festival pertama di Desa Kikian dengan konsep total Ngayah untuk pembangunan Pura Desa Kikian.

Semua hasil dari festival, berupa penjualan tiket donatur dan lainnya dikatakannya semua akan dialokasikan untuk pembangunan parhyangan Puseh Desa setempat. (ST-R)