fbpx
CeremonialTabanan

Hadiri Pemlaspasan Parahyangan SMPN 6 Tabanan, Bupati Sanjaya Harapkan Pendidikan Menciptakan Generasi Unggul Tabanan

TABANAN | suaratabanan.id –¬†Bertepatan dengan Hari Saraswati dan juga Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei 2023, Bupati Tabanan Dr. I Komang Gede Sanjaya, SE, MM, menghadiri sekaligus mengapresiasi kegiatan Dewa Yadnya yang dilangsungkan oleh pihak Sekolah SMPN 6 Tabanan. Hal ini juga merupakan wujud bhakti sebagai Kepala Daerah kepada jajaran Sekolah terhadap kiprahnya dalan memajukan pendidikan di Kabupaten Tabanan.

Kehadiran Bupati Sanjaya beserta jajaran pagi itu, Sabtu, (20/5), disambut meriah oleh Kepala Sekolah, para Pendidik, jajaran Sekolah dan ratusan Siswa dan Siswi SMPN 6 Tabanan. Turut hadir mendampingi Bupati, Ketua DPRD Tabanan I Made Dirga dan Ketua Komisi IV DPRD Tabanan, Sekda, Inspektur dan Kepala OPD terkait di lingkungan Pemkab Tabanan, Camat dan unsur Forkopimcam Tabanan, Ketua FKUB Tabanan dan undangan lainnya.

Dihadapan Kepala Sekolah, para Pendidik dan seluruh siswa-siswi SMP 6 Tabanan, Bupati Sanjaya menyampaikan bahwa pelaksanaan Yadnya sangat penting dilakukan sebagai wujud bhakti kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa, juga sebagai wujud pelestarian terhadap tradisi, seni, adat, agama dan budaya. Sebagai Kepala Daerah, Bupati Sanjaya memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada pihak Sekolah dan seluruh jajaran.

Baca Juga:  Ketua DPRD Kabupaten Tabanan Ajak Masyarakat Gemar Makan Ikan

Hal ini juga dikatakan Sanjaya sangat sejalan dan telah membantu terwujudnya program Pemkab yang dijabarkan dalam visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali melalui Pola Pembangunan Semwsta Berencana di Kabupaten Tabanan menuju Tabanan Era Baru yang Aman Unggul dan Madani. Dimana dalam bidang pelestarian seni, tradisi, adat, agama dan budaya, serta dalam bidang pendidikan dan kesehatan mampu diwujudkan bersama-sama.

“Apalagi pembangunan parahyangan ini dilaksanakan berdasarkan rasa tulus ikhlas sebagai wujud bhakti kehadapan Beliau dengan konsep gotong-royong. Ini sangat luar biasa. Sekali lagi, kami di Pemerintah Kabupaten Tabanan memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya terhadap gerakan-gerakan yang dilakukan oleh Kepala Sekolah dan para Pendidik di SMP 6 Tabanan,” ujar Sanjaya.

Orang nomor satu di Tabanan juga sangat meyakini, bahwa pelaksanaan Yadnya ini juga memiliki tujuan yang sangat mulia untuk mendapatkan kerahayuan dan keselamatan dalam proses belajar mengajar. Melalui kegiatan ini, Sanjaya juga berharap kepada Kepala Sekolah dan para Pendidik agar memberikan pendidikan yang terbaik kepada seluruh Siswa dan menciptakan generasi yang handal dan unggul yang nantinya mampu membangun Tabanan, karena anak-anak ini merupakan generasi penerus melanjutkan pembangunan Tabanan.

Baca Juga:  Ketua DPRD Kabupaten Tabanan Ajak Masyarakat Gemar Makan Ikan

“Kita titip generasi tunas bangsa ini, apalagi hari ini hari yang sangat baik, yakni Hari Saraswati dan Hari Kebangkitan Nasional. Sekarang ini kita bangkit, bangkit cerdas, bangkit melawan kebodohan. Kalau dulu kita bangkit mengusir penjajahan, sekarang kita harus bangkit mengusir kebodohan dan kemiskinan, itulah musuh kita sekarang. Kenapa adik-adik belajar, tiada lain agar tidak bodoh dan miskin, agar mrnciptakan generasi yang handal, generasi yang unggul sebagai penerus pembangunan Tabanan kedepan,” tegas Sanjaya.

Sebelumnya, I Ketut Sutrisna selaku Kepala Sekolah, menuturkan, bahwa upacara pemlaspasan ini dilaksanakan karena telah rampungnya pembangunan Parahyangan setempat. Pihaknya juga menyampaikan terimakasih atas kehadiran dan dukungan Bupati beserta jajaran. Senada dengan Bupati Tabanan, pihaknya juga sangat menjunjung tinggi visi Pemprov Bali dan juga Pemkab Tabanan dalam bidang pelestarian tradisi, seni, adat, agama dan budaya serta pendidikan, yang pihaknya terus kembangkan dan tingkatkan dari tahun ke tahun. (ST-R)