fbpx
Tabanan

Jaya Jayaning Triasih, Jegeg Bali 2023 dan R. Up. V Bagus Bali 2023 Berhasil Disandang oleh Jegeg Bagus Tabanan 2023

TABANAN | suaratabanan.id – Pemilihan Jegeg Bagus Bali 2023 merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan oleh Pasemetonan Jegeg Bagus Bali yang berada langsung di bawah Dinas Pariwisata Provinsi Bali. Kegiatan ini telah diikuti oleh seluruh Jegeg Bagus Kabupaten/Kota se-Provinsi Bali.

Tak terlewat, Jegeg Bagus Tabanan 2023, Jegeg Stitha dengan nama lengkap Ni Putu Kartika Stithapradnya dan Bagus Anggik dengan nama lengkap Kadek Anggi Putra Sastrawan juga telah mengikuti seluruh rangkaian kegiatan ini. Kegiatan yang telah diikuti yakni Technical Meeting; kegiatan Pra-Karantina yang diisi dengan materi seputar pariwisata, kesehatan, isu sosial, Focus Group Discussion, psikologi, dan penampilan; kegiatan Karantina seperti pertunjukan bakat, deep interview, dan Preliminary Competition; hingga berlaga di Grand Final Pemilihan Jegeg Bagus Bali 2023.

Kegiatan yang diikuti Jegeg Stitha dan Bagus Anggik ini sangat didukung penuh oleh Pemerintah Kabupaten Tabanan. Dinas Pariwisata Kabupaten Tabanan yang sebagai perpanjangan tangan dari Bupati Tabanan juga turut andil dalam memfasiitasi seluruh proses perjalanan Jegeg Stitha dan Bagus Anggik dalam Pemilihan Jegeg Bagus Bali 2023.

Tak hanya Pemerintah Kabupaten Tabanan, Pasemetonan Jegeg Bagus Tabanan juga turut andil dalam mempersiapkan penampilan terbaik Jegeg Stitha dan Bagus Anggik. “Persiapan ini tidaklah mudah, banyak hal yg kita lakukan dari awal seperti pembuatan panitia, persiapan latihan, persiapan bakat,” ujar I Gede Sukarya, S.M. selaku Ketua Pasemetonan Jegeg Bagus Tabanan. Tim yang telah dibentuk olehnya sudah bekerja keras dengan arahan dari seluruh pembina Pasemetonan Jegeg Bagus Tabanan untuk memperhalus jalannya Jegeg Stitha dan Bagus Anggik. “Seluruh tim dan pengurus inti lainnya telah bekerja keras demi kelancaran Jegeg Stitha dan Bagus Anggik yang diiringi dengan arahan dan pesan-pesan seluruh dewan pembina Pasemetonan Jegeg Bagus Tabanan,” tambahnya (13/11/2023)

Baca Juga:  Bungan Desa, Bupati Sanjaya Angkat Potensi Lebah Madu Sari Desa Selabih

Jegeg Stitha dan Bagus Anggik telah menampilkan penampilan luar biasa selama kegiatan Pemilihan Jegeg Bagus Bali 2023. Penampilan bakat yang telah ditampilkan pada 29/10/2023 di Dinas Pariwisata Provinsi Bali sangatlah apik. Dengan mengusung “Munggah Nini” yang diimplemtasikan dengan “Menini Pantun,” Jegeg Stitha dan Bagus Anggik sukses menggambarkan rasa suka cita atas panen yang berlimpah dan mampu mengajak seluruh masyarakat untuk bersyukur dan menikmati hasil panen atas rahmat Tuhan.

Tidak sampai di situ, Jegeg Bagus Tabanan juga mengikuti Prelimanary Competition yang diselenggarakan pada 5/11/2023 di Gedung Ksirarnawa, Art Center, Denpasar. Jegeg Stitha dan Bagus Anggik tampil menawan dengan Evening Gown yang didesain oleh I Putu Agus Suraditya, S.Sn yang bertemakan “Rentjana Triasih” yang berartikan harapan penuh cinta, kasih sayang, dan ketulusan dengan makna keteguhan hati.  “Warna ungu melambangkan makna intim dan anggun serta indah sebagai lambang rasa keharmonisan yang berkaitan dengan Tri Hita Karana sebagai pondasi utama keselarasan kehidupan manusia, alam dan Tuhan,” ujar desainer baju tersebut (13/11/2023).

Hingga pada Grand Final Pemilihan Jegeg Bagus Bali 2023, Jegeg Stitha dan Bagus Anggik mampu menampilkan suguhan yang apik. Mengangkat Kecamatan Penebel pada Tourism Speech, Jegeg Stitha dan Bagus Anggik menyebarkan informasi terkait promosi pariwisata unggulan Kecamatan Penebel seperti Daya Tarik Wisata Jatiluwih, Pura Luhur Batukau, hingga makna yang tersirat di dalam pariwisata unggulan tersebut. Wisata kuliner di Kecamatan Penebel juga dibahas, seperti kelezatan bubur dan teh beras merah hasil produksi Kecamatan Penebel.

Hingga akhirnya, Jegeg Stitha dan Bagus Anggik mampu menorehkan prestasi yang sangat luar biasa. Mereka mampu mempertahankan posisi 6 besar dan terus melaju hingga tahap 3 besar di ajang bergengsi ini. “Selamat atas keberhasilan di ajang JBB dan masih tetap bisa mempertahankan jajaran 6 besar sampai 3 besar setiap tahunnya,” ujar I Gede Sukarya, S.M. selaku Ketua Pasemetonan Jegeg Bagus Tabanan (13/11/2023).

Baca Juga:  Pemkab Tabanan Gelar Pendidikan Politik dan Wawasan Kebangsaan

Tidak sampai di jajaran 6 besar dan 3 besar saja, Jegeg Ni Putu Kartika Stithapradnya berhasil dinobatkan sebagai Winner of Jegeg Bali 2023 sekaligus sebagai Jegeg Bali Favorite 2023 dan Duta Edukasi QRIS 2023. Sedangkan, Bagus Kadek Anggi Putra Sastrawan berhasil merebutkan Runner Up V Bagus Bali 2023 sekaligus sebagai Bagus Bali Berpenampilan Terbaik 2023.

Rasa syukur dan bangga ini disampaikan oleh Andri Purwanto, S.T. selaku salah satu pembina Pasemetonan Jegeg Bagus Tabanan, “Selamat kepada Anggik yang telah meraih Runner Up V Bagus Bali 2023 dan Bagus Bali Berpenampilan Terbaik 2023, dan Stitha khususnya sudah berhasil kembali meraih Jegeg Bali 2023 sekaligus Jegeg Bali Favorite 2023.”

Sesuai dengan jargon yang digaungkan “Jaya Jayaning Triasih” diharapkan Jegeg Bagus Tabanan yang diwakili oleh Jegeg Stitha dan Bagus Anggik mampu membawa kejayaan di masa kini dan mencerminkan kejayaan era baru. Harapan ini dipertegas kembali oleh dewan pembina Pasemetonan Jegeg Bagus Tabanan untuk dapat selalu bertanggung jawab atas tugas dan kepercayaan yang telah diberikan dan mampu menjadi role model yang positif di Kabupaten Tabanan maupun di Provinsi Bali. “Tetaplah menjadi diri sendiri, rendah hati, dan bertanggung jawab dengan tugas serta kepercayaan yang telah diberikan masyarakat Tabanan khususnya dan Bali pada umumnya untuk menjadi Duta Wisata dan Budaya Provinsi Bali. Jadilah Role Model untul generasi muda yaitu generasi yang smart, terampil, cekatan, mempunyai jiwa sosial dan empati yang tinggi serta mempunyai kepribadian yang baik dan menarik,” tutupnya (13/11/2023). (ST-R)