fbpx
Ceremonial

Pakemda 1 Peradah DPK Tabanan Hadirkan Pemateri Profesional

TABANAN | suaratabanan.id – Perhimpunan Pemuda Hindu Indonesia Dewan Pimpinan Kabupaten Tabanan menggelar Pelatihan Kepemimpinan Daerah yang pertama pada tanggal 9 sampai 10 Desember di Pura Luhur Pakendungan, Tanah Lot.

Pada saat Pelatihan Kepemimpinan Daerah atau Pakemda Peradah Tabanan menghadirkan pemateri dari Tim Advokasi Peradah Bali untuk materi Advokasi, Pemateri dari Kementrian Agama Kabupaten Tabanan untuk materi Dharma Agama dan Pemateri dari Kesbangpol Tabanan yang memberikan wawasan kebangsaan.

Materi Advokasi Hindu dibawakan oleh I Made Yogi Astawa, SH., M.H dari Humas Tim Advokasi Peradah Bali yang memberikan pemahaman terkait Advokasi yang baik dan benar

Materi Dharma Agama dibawakan oleh I Nyoman Gede Kurniawan, SE., M.Sos. dari Kantor Kementrian Agama Kabupaten Tabanan yang menjabat sebagai Kepala Sie Urusan Agama Hindu yang membawakan materi Kepemimpinan Hindu sesuai pemahaman Tri Hita Karana

Materi Dharma Negara dibawakan oleh I Made Wiratha, SIP., M.Si. dari Kesbangpol Kabupaten Tabanan yang memberi pemahaman tentang wawasan kebangsaan.

I Gede Made Bayu Mertha Putra selaku Ketua Peradah DPK Tabanan saat dihubungi oleh tim memaparkan bahwa Pakemda ini merupakan kegiatan kaderisasi Pemuda Hindu yang ada di Tabanan, mengingat Peradah merupakan wadah pergerakan pemuda hindu maka sebelum melakukan pergerakan jadi wajib diberikan pelatihan-pelatihan.

“iya nanti kan outputnya pergerakan, jadi harus diberikan pemahaman dulu terkait advokasi apabila ada permasalahan di masyarakat, wawasan keagamaan biar menambah ilmu agama hindu dan wawasan kebangsaan, pemateri nya langsung dari profesional, jadi kader Peradah lebih matang melakukan pergerakan” Ucap Made Bayu

Kegiatan Pakemda hari pertama pada tanggal 9 Desember 2023 peserta diberikan materi-materi pembekalan, tanggal 10 Desember 2023 diadakan Simposium Pemuda. (ST-DB)