fbpx
PeristiwaTabanan

Tembus Ribuan Peserta, Bupati Sanjaya Dukung Penuh Festival Ikan Koi Kabupaten Tabanan

suaratabanan.id | Tabanan – Ribuan pecinta Ikan Koi di seluruh Indonesia berkumpul memperlombakan ikan andalannya dalam event bertajuk Education Koi Festival 2023 di Kabupaten Tabanan. Hal ini mendapat dukungan penuh dari Bupati Tabanan Dr. I Komang Gede Sanjaya, SE., MM, yang berkesempatan langsung menghadiri event yang diselenggarakan selama sehari di Gedung Kesenian Ketut Maria Tabanan, Minggu, (9/4).

Kegiatan ini juga mendapat dukungan sekaligus dihadiri langsung jajaran Pemkab Tabanan. Nampak turut hadir saat itu, Asisten II, Inspektur dan Kepala OPD terkait di lingkungan Pemkab Tabanan, Camat dan unsur Forkopimcam Tabanan, Panitia dan Pengurus Tabanan Koi Club Bali serta para penggemar Ikan Koi yang turut menyaksikan event serta menikmati keindahan Ikan Koi yang dipertandingkan dalam kontes.

“Apresiasi Buat panitia yang sudah sangat berhasil membuat acara, dimana dalam laporannya dikatakan sudah memecahkan rekor event ataupun Festival Koi dengan jumlah peserta mencapai 1031 peserta. Saya selaku Pimpinan Daerah merasa bangga karena Kabupaten Tabanan dijadikan tuan rumah untuk event yang sangat luar biasa ini, dimana pecinta Ikan Koi berkumpul, bahkan jumlahnya fantastis mencapai ribuan,” ujar Bupati Sanjaya.

Baca Juga:  Gebrakan Inovatif Pemkab Tabanan Gelar Lomba Cipta Menu BJOT

Orang nomer satu di Tabanan juga menegaskan akan selalu mendukung kegiatan seperti ini, sehingga apa yang menjadi visi misi Pemerintah, yakni Nangun Sat Kerthi Loka Bali melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana di Kabupaten Tabanan menuju Tabanan Era Baru yang Aman, Unggul dan Madani (AUM), dapat dicapai. Melalui festival ini juga diharapkan masyarakat Tabanan semakin mengenal budidaya Ikan Koi.

“Didalam visi misi itu ada salah satu yang wajib kita laksanakan, yaitu menjaga ketahanan pangan. Kita di Tabanan merupakan Kabupaten yang dijuluki sebagai lumbung pangannya Bali, yang sudah tentu berkelimpahan air yang menyebabkan tanaman subur. Dengan kesuburan ini sudah barang tentu banyak melahirkan komunitas di sektor Pertanian dan Perikanan, salah satunya komunitas Tabanan Koi Club yang sudah diakui secara nasional,” imbuh Sanjaya.

Melalui festival Ikan Koi ini, politisi asal Dauh Pala tersebut juga berharap semakin banyak orang yang berkunjung ke Tabanan melalui partisipasi dalam event-event seperti ini. Begitu juga kepada penyelenggara event, Sanjaya berharap agar mampu memperluas cakupan pasar dari komuditas Ikan Koi ini, sehingga mampu memutar kembali roda perekonomian masyarakat, khususnya masyarakat Tabanan.

Baca Juga:  Duta Kabupaten Tabanan Utsawa Gong Kebyar Wanita Pesta Kesenian Bali XLVI 2024

Sementara, Agus Arman Darma Yuda selaku Ketua Panitia Acara menyebutkan, bahwa pihaknya sangat berterimakasih atas dukungan yang diberikan oleh Pemkab Tabanan apalagi mendapat apresiasi langsung dari Bapak Bupati dan jajaran. Tujuan dari acara ini dijelaskannya adalah untuk menginspirasi pemuda Tabanan agar kedepannya semakin banyak usaha-usaha kecil yang bergerak di bidang Ikan Koi.

“Kebetulan untuk kegiatan hari ini sudah diikuti oleh 1031 peserta. Selain kita menyelenggarakan festival Koi, kita juga memperkenalkan obyek-obyek kita di Tabanan, seperti Tanah Lot, Alas Kedaton, juga Bedugul kepada peserta. Semoga kedepannya selain untuk acara Koi, khususnya teman-teman di luar Bali bisa memgetahui atau mengunjungi obyek wisata yang ada di Tabanan,” harapnya. (ST-R)