fbpx
CeremonialTabanan

Upacara Penurunan Bendera HUT Kemerdekaan RI ke-78 Tabanan

 dirangkaikan dengan Penyerahan Hadiah Pemenang Lomba  

TABANAN | suaratabanan.id – Setelah Upacara Detik-Detik Proklamasi HUT Kemerdekaan RI ke -78 di Tabanan dipimpin oleh Bupati Tabanan, Dr. I Komang Gede Sanjaya, SE, MM, di Gor Debes Tabanan, kemudian Upacara Penurunan Bendera yang dilaksanakan di tempat yang sama dipimpin oleh Wakil Bupati Tabanan I Made Edi Wirawan, SE, selaku Inspektur Upacara, Kamis, (17/8).

Sebelum upacara dimulai, Ny. Rai Wahyuni Sanjaya yang hadir mendampingi Bupati Sanjaya, melakukan penyerahan hadiah pemenang lomba dalam rangkaian perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-78 yang diikuti oleh para Kepala OPD dan ASN di lingkungan Pemkab Tabanan dan juga masyarakat. Uniknya, hadiah ataupun penghargaan bukan hanya diberikan kepada peserta terbaik 1, 2 dan 3, namun juga diberikan kepada peserta terburuk 1, 2, dan 3.

Kemudian upacara dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan yang diikuti oleh seluruh peserta. Turut hadir, Pimpinan DPRD Tabanan, Jajaran Forkopimda, Sekda, para Asisten dan Kepala OPD terkait di lingkungan Pemkab Tabanan, unsur TNI, POLRI, ASN, para Pelajar hingga masyarakat yang masih tetap semangat memakai pakain pahlawan dalam Upacara Penurunan Bendera peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-78 di Tabanan kali ini.

Baca Juga:  Pemkab Tabanan Gelar Pendidikan Politik dan Wawasan Kebangsaan

Seperti yang disampaikan oleh Bupati Tabanan usai memimpin Upacara Detik-Detik Proklamasi, bahwa peringatan kali ini memunculkan nuansa semangat dan spirit perjuangan. “Ini merupakan salah satu kreatifitas dan inovasi kita di Tabanan. Tahun lalu kita merayakan dengan pakaian kebhinekaan dan tahun ini lebih spesial lagi dengan spirit semangat perjuangan. Jadi kita bagi-bagi dengan semangat, spirit pakaian perjuangan tempo dulu. Seperti yang pernah dikatakan Bung Karno ‘Jas Merah’, Jangan pernah melupakan sejarah,” imbuhnya.

Bagaimana para pejuang dengan gagah berani memperjuangkan kemerdekaan bukan melalui hibah ataupun pemberian, karena ini memang betul-betul semangat perjuangan yang besar dengan mempertaruhkan nyawa. “Sekarang ini bagaimana kita semangati dengan berpakaian semangat perjuangan, mudah-mudahan Tabanan selalu semangat dalam rangka memperjuangkan segala sesuatunya, baik kebodohan, kemiskinan maupun keterbelakangan di Kabupaten Tabanan. Inilah salah satu spirit dalam rangka kita mewujudkan Tabanan Era Baru yang Aman, Unggul dan Madani,” tegasnya.

Baca Juga:  Bupati Sanjaya Berikan Motivasi Pada Duta Kabupaten Tabanan

Hal senada juga disampaikan Ny. Rai Wahyuni Sanjaya, bahwa sebagai pendamping Bupati dalam menjalankan tugas sehari-hari serta sebagai Ibu yang bertugas mendampingi masyarakat dalam kegiatan PKK, pihaknya merasa tersentuh dengan semangat para pahlawan pejuang kemerdekaan. Momen peringatan ini menjadi motivasi bagi dirinya untuk terus memberikan yang terbaik bagi masyarakat melalui seluruh kegiatan PKK yang dilakukan di desa-desa di seluruh Kecamatan di Kabupaten Tabanan.

Tugas tersebut dikatakannya harus dilakukan dengan sungguh-sungguh. “Mendampingi suami sekaligus mendampingi masyarakat dalam kegiatan PKK merupakan tanggung jawab yang sangat besar. Dibutuhkan kesabaran serta semangat yang tinggi. Melalui momen yang sangat baik ini, saya himbau kepada seluruh ibu-ibu apapun profesi kalian, ayo tetap semangat mendampingi para suami sebagai ibu rumah tangga yang baik dan mari kita ikut berkontribusi menyumbangkan ide maupun tindakan untuk mengisi kemerdekaan dengan membangun Kabupaten Tabanan menjadi lebih baik lagi,” paparnya. (ST-R)