fbpx
CeremonialTabanan

Bangun Taksu Seni, Krama Banjar Adat Pemenang Melaspas Gong.

TABANAN | suaratabanan.id – Krama Banjar Adat Pemenang Desa Adat Banjar Anyar Kediri Tabanan hari ini Kamis kliwon klawu, 4 Mei 2023 melaksanakan upacara Pemlaspasan perangkat gambelan.

Menurut klian banjar adat Pemenang I Ketut Nurjana upacara yang dipusatkan di balai Banjar, Banjar Adat setempat dihadiri sebagian krama lanang-istri mengingat saat bersamaan krama banjar juga melaksanakan puja wali di pura Dalem Mengwi di Pemenang.(4/5)

Kelian banjar adat pemenang menambahkan Seperangkat gambelan ini merupakan bantuan ibah dari provinsi Bali melalui anggota DPRD Kabupaten Tabanan I Putu Eka Putra Nurcahyadi.

Upacara pemlaspasan seperangkat gambelan ini berkaitan dengan adanya perbaikan seluruh trampa atau bantalam gàmbelan yang terbuat dari kayu ini.

Baca Juga:  Ketua DPRD Kabupaten Tabanan Ajak Masyarakat Gemar Makan Ikan

“Disamping itu juga ada tambahan gong baru dari besi untuk menambah gong perunggu sebelumnya. Adanya tambahan gong ini nantinya bisa untuk 2 barung Baleganjur” tegas Nurjana.

Kama Banjar Adat Pemenang terdiri dari 167 KK, diharapkan nantinya tumbuh rasa memiliki, sekaligus kami membuka peluang bagi generasi muda yang memiliki hobi seni karawitan maupun tari untuk dapat memanfaatkan keberadaan gambelan ini sebagai wujud dalam ikut serta melesatrikan seni dan budaya Bali.

Sementara ketua komisi 1 DPRD Tabanan Putu Eka Putra Nurcahyadi berharap adanya seperangkat gambelan ini dapat menumbuhkan rasa kebersamaan masyarakat, sekaligus tumbuh taksu seni dalam mendukung kelestarian seni dan budaya Bali yang adiluhung.

Baca Juga:  Ketua DPRD Kabupaten Tabanan Ajak Masyarakat Gemar Makan Ikan

‘Adanya gambelan ini diharapkan ada konsep saling melengkapi dalam melakasanakan kegiatan keagamaan khususnya disejebag banjar Pemenang.” Tegas Eka Nurcahyadi.

Kegiatan yang bertepatan pada Purnama sasih Jiyesta ini diakhiri persembahyangan bersama. Kegiatan diipusatkan di Balai Banjar adat setempat dihadiri Anggota DPR-RI I Made Urip, Ketua Komisi 1- DPRD Tabanan I Putu Eka Putra Nurcahyadi, Bandesa Adat Banjar Anyar I Made Raka dan Kepala Desa Banjar Anyar I Made Budiana. (ST-WIN)