fbpx
Tabanan

Bentuk Apresiasi Terhadap Media, Kodim 1619/Tabanan Gelar Nobar Kasad Award 2023

TABANAN | suaratabanan.id – Komando Distrik Militer (Kodim) 1619/Tabanan menggelar Nonton Bareng (Nobar) kegiatan Kasad Award tahun 2023 bersama Pangdam IX/Udayana secara live di Makodim 1619/Tabanan yang bertema Apresiasi untuk media bersama merawat bangsa.Jalan Katamso No. 02, Desa Dajan Peken Kecamatan Tabanan Kabupaten Tabanan, Senin malam, (10/7/2023).

Nonton bareng Kasad Award 2023 ini turut dihadiri oleh Forkopimda dan Para perwira jajaran Kodim 1619/Tabanan serta sejumlah insan media.

Dalam Live tersebut Ketua Dewan Pers/Dewan Juri Dr Ninik Rahayu menyampaikan, awarding seperti ini sekaligus pemicu bagi insan pers agar terus berkhidmat dalam menjalankan fungsi pers sebagai media informasi, pendidikan, hiburan dan kontrol sosial Pers kita sedang tidak baik-baik saja, begitu semakin tingginya upaya abuse of power pada kehidupan pers, baik dari internal media maupun aspek eksternal.

“KASAD Award sangatlah istimewa. Bukan dalam kerangka lomba. Panitia KASAD Award yang melakukan peneropongan terhadap semua berita dari media siber di tanah air dalam kerangka human security,” ujar Dr Ninik Rahayu.

Paradigma Human Security, kata Dr Ninik Rahayu, dapat memantik kewaspadaan terhadap ancaman ideologi, terorisme, stunting, bencana alam dan wabah, isu – isu intoleransi, kebutuhan digitalisasi yang inovatif termasuk melestarikan kebudayan. Perhatian pers terhadap isu Human Security mungkin belum berbanding lurus dengan jumlah berita yang paling sering dicari atau diklik oleh masyarakat.

“Godaan impresi dan traffic yang tinggi kerap membuat sebagian perusahaan pers mengambil pilihan yang dapat dikalkulasikan sebagai revenue,” tegasnya

Dewan Pers juga mendorong kepada anak muda, yang sangat fasih bermedia sosial, untuk Mengamplifikasi berbagai persoalan dalam isu Human Security melalui konten-konten yang mencerahkan. “Oleh karena itu tentu saja perlu mencari dan menelaah referensi yang tepat,” imbuhnya.

Kepala Staf TNI AD, Jenderal TNI Dr. H. Dudung Abdurrachman mengatakan, posisi strategis media sebagai penyalur informasi dan Kasad Award 2023 diberikan kepada media online yang memberikan perhatian terhadap isu-isu Strategis Human Scurity. untuk itu, program TNI-AD bersama merawat kebangsaan ada 4 yaitu Kasad Award 2023 Sehari bersama Kasad, Bootcamp to Gent Z dan The Leader.

“Pemberian penghargaan kepada media ini berdasarkan isu tertentu yang basisnya adalah Merawat Semangat Kebangsaan,” kata Jenderal TNI Dr. H. Dudung Abdurrachman.

Dandim 1619/Tabanan Letkol Inf. Riza Taufiq Hasan menjelaskan, pelaksanaan Kasad Award 2023 ini merupakan bentuk apresiasi pimpinan TNI dalam hal ini KASAD kepada media yang telah memberikan sumbangsih terhadap bangsa dan daerahnya masing – masing selain itu pemberian award ini juga dalam kerangka human security.Kata Riza Taufiq Hasan.

“Kegiatan Nobar Kasad Award tahun 2023 ini juga diikuti secara live Kodim diseluruh Indonesia, Kami di Kodim 1619/Tabanan mengucapkan terima kasih kepada seluruh media yang sudah bersama – sama merawat bangsa, ” pungkasnya. (ST-KY)