fbpx
SosialTabanan

Bergerak Bersama, TP PKK Kabupaten Tabanan Sinergikan Langkah Dengan TP PKK Provinsi Bali Dalam Aksi Sosial di Kecamatan Pupuan

TABANAN | suaratabanan.id – Kembali bersinergi, Ketua TP PKK Kabupaten Tabanan, Ny. Rai Wahyuni Sanjaya.,S.H.,M.M pastikan langkah yang selaras dalam menyejahterakan masyarakat Tabanan, melalui program unggulan, Aksi Sosial Ketua TP PKK Provinsi Bali “Menyapa dan Berbagi” yang berlangsung di 4 lokasi di Kecamatan Pupuan, Jumat (12/5).

Berjalan secara roadshow, Aksi Sosial yang kali ini dipusatkan di Kecamatan Pupuan, dimulai dari Desa Belimbing sejak pukul 10 pagi, dan dilanjutkan di Balai Serba Guna Desa Sanda, kemudian berlanjut ke GOR Desa Batungsel dan berakhir di Balai Serba Guna Desa Pupuan.

Dipimpin langsung oleh Ketua TP PKK Provinsi Bali, Ny. Putri Suastini Koster, pihaknya juga menggandeng Kepala Dinas PMD dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Bali beserta OPD terkait, Direktur Utama RS Mata Bali Mandara dan Ketua Pengurus Daerah IBI Prov. Bali. Di mana, kehadirannya saat itu disambut langsung oleh Ketua TP PKK Kabupaten Tabanan, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Para Kepala OPD Terkait di lingkungan Pemkab Tabanan, Camat Pupuan, Ketua PKK dan Pebekel Desa setempat.

Berkolaborasi dengan Ketua TP PKK Desa Setempat, kehadiran Ny. Putri Koster dan Ny. Rai Wahyuni hari ini merupakan wujud kepedulian dan perhatian langsung kepada masyarakat kecamatan Pupuan Tabanan. Di mana Kesehatan dan kesejahteraan dapat dipantau dengan baik dan pemberian bantuan dapat menyasar dengan tepat guna.

Baca Juga:  Tetap Kokoh, PDI Perjuangan Tak Terbantahkan di Kabupaten Tabanan

Dalam “Menyapa dan Berbagi” saat itu, Bunda Putri Koster menargetkan bantuan kepada 50 orang masyarakat kurang mampu di masing-masing daerah, dengan kriteria penerima bantuan yakni 10 orang lansia, Ibu hamil, penyandang disabilitas dan Kader PKK serta Balita. Dengan jumlah bantuan yang diberikan yakni 1 ton beras, masing-masing penerima bantuan diberikan 20kg beras, 50 krat telur, 80 kotak susu untuk Balita dan 80 kotak susu untuk lansia, ibu hamil, penyandang disabilitas dan kader PKK.

“Kami sekali datang, menggandeng kedinasan yang memang punya program-program untuk datang langsung ke masyarakat. Seperti Kadis pertanian, memberikan bantuan bibit ayam, dokter mata memberikan cek mata gratis dan operasi katarak gratis, jadi perjumpaan kita ini bantuannya ada, bersilaturahmi juga ada, apalagi lepas 2 tahun kita tidak boleh bertemu dan berkumpul. Mari kita juga saling mengingatkan kembali untuk kader-kader PKK supaya menjalankan tugas di desa masing-masing, menjaga kesehatan, menjaga segala sesuatunya sesuai dengan tujuan PKK, demi melahirkan generasi-generasi sehat di setiap keluarga” Papar Bunda Koster saat menyapa langsung masyarakat di 4 Desa di Pupuan.

Tak hanya itu, pihaknya juga menggandeng Rumah Sakit Mata Bali Mandara yang memberikan pelayanan pemeriksaan kesehatan mata gratis serta penyiapan kaca baca gratis sebanyak 100 pcs di setiap lokasi yang dikunjungi, berikut pelaksanaan operasi katarak yang dipusatkan di Puskesmas Tabanan 3 secara gratis bagi masyarakat.

Baca Juga:  Tetap Kokoh, PDI Perjuangan Tak Terbantahkan di Kabupaten Tabanan

Selain itu, Sosialisasi terkait penurunan angka stunting juga tak terlewatkan dan semakin digencarkan, dengan mengajak serta IBI (Ikatan Bidan Indonesia) Provinsi Bali, yang memberikan penyuluhan tentang stunting dan persiapan kehamilan secara langsung. Di kesempatan itu, Ny. Putri Koster juga melakukan tanya jawab berhadiah kepada masyarakat terkait topik stunting, hal itu tentunya untuk menelaah sejauh mana masyarakat paham dan sadar akan pengetahuan dan bahaya stunting di Bali khususnya Tabanan.

Terhadap program unggulan ini, Ketua TP PKK Tabanan, Bunda Rai Wahyuni nyatakan dukungan kuat serta kesiapannya dalam mengiringi langkah TP PKK Provinsi dalam menyejahterakan masyarakat khususnya di desa-desa di Tabanan. “Kita sudah lihat langsung manfaat program ini di masyarakat, maka dari itu program ini terus dilakukan, kalau bisa menyentuh seluruh daerah di Tabanan dan daerah-daerah lain di Bali. Ini merupakan langkah tanggap dari PKK, selain untuk memberikan bantuan juga untuk mengurangi pertumbuhan angka stunting sekaligus mengedukasi calon-calon orang tua di Tabanan” terang Bunda Rai.

Pihaknya juga sangat mengapresiasi program bantuan operasi katarak yang dikhususkan bagi masyarakat Tabanan dan diselenggarakan besok Sabtu (13/5) dengan harapan, bantuan dan perhatian ini bisa dirasakan secara langsung baik manfaat kesehatannya maupun kesejahteraan di masyarakat Tabanan. (ST-R)