fbpx
Berita WilayahTabanan

Dalam Rangka HUT Kota Tabanan Ke-530, Ny. Rai Wahyuni Sanjaya Melakukan Kunjungan Sosial

TABANAN | suaratabanan.id – Selalu berupaya berperan aktif dan berkomitmen membantu masyarakat, Ketua TP PKK Kabupaten Tabanan yang juga selaku Ketua K3S Kabupaten Tabanan Ny. Rai Wahyuni Sanjaya, menjalankan Aksi Sosial dalam rangka memeriahkan HUT Ke-530 Kota Tabanan yang dilakukan di 2 tempat. Dengan mengajak serta rombongan, tujuan kunjungannya yang pertama difokuskan pada Panti Asuhan Salam di Banjar Taman Sari, Desa Delod Peken dan dilanjutkan ke UPTD Pelayanan Sosial dan PPA Dinsos P3A Kabupaten Tabanan, Br. Wanasara Kelod, Desa Bongan, Selasa (14/11).

Dalam kunjungannya tersebut, Bunda Rai tak hanya menunjukkan perhatian dan kasih sayang melalui sumbangan yang diberikan, tetapi juga menjadikannya momen melepas rindu kepada para penghuni panti dengan sapaan hangat yang penuh semangat. Nampak hadir saat itu, Kadis Sosial, Para pengurus TP PKK dan K3S Kabupaten Tabanan, Camat dan Perbekel setempat, Tokoh masyarakat, serta para stakeholder SOS (Scoolare of Sustainance) dan Bank BPD Bali dan juga para pengurus panti berikut penerima bantuan.

Bunda Rai dalam kunjungannya, sampaikan rasa bahagianya dapat bertemu setelah kunjungan terakhirnya ke Panti Asuhan Salam. Atmosfir luar biasa yang mampu mengetuk hati, dirasakannya saat melangkahkan kaki di tempat itu. “Saya selalu berharap, agar kita semua lebih memberi perhatian lagi, tidak hanya saya selaku wakil pemerintah tapi dari semuanya. Sinergi seperti ini juga sangat saya apresiasi sekali dan saya harapkan nanti akan ada badan sosial lain atau CSR lain yang juga ikut menyertai saya, terus berikan perhatian kepada adik-adik kita atau kepada masyarakat Tabanan yang memiliki masalah sosial,” sebutnya saat itu.

Baca Juga:  Tetap Kokoh, PDI Perjuangan Tak Terbantahkan di Kabupaten Tabanan

Melalui kegiatan yang masih dirangkaikan dalam menyambut HUT Kota Tabanan ke-530 itu, sebanyak 30 paket sembako seperti; Beras, Minyak, Tepung, Susu, Sarden, Sayur Kaleng Mie Instan dan Sayur Segar dan juga alat kebersihan diri seperti Sikat Gigi, Pasta Gigi, Sabun Mandi, Sampo dan Deterjen, serta bantuan pribadi dari Ibu Bupati berupa masing-masing 6 Dus Biskuit dan Diapers yang diserahkan kepada Panti Asuhan Salam dan Para Lansia di UPTD Dinsos P3A. “Jangan dilihat nilainya, tapi bentuk perhatiannya, semoga bisa menguatkan batin adik-adik sehingga nantinya bisa sukses dan maju,” ujar Bunda Rai.

Di kesempatan itu, Bunda Rai sampaikan ungkapan terima kasihnya kepada SOS dan BPD atas bantuannya, juga para pengasuh yang telah membimbing anak-anak asuh, sehingga diharapkan dapat menjadi anak yang hebat, sukses dan maju. Tak lupa, pihaknya juga berharap, agar kolaborasi, perhatian dan support tidak berhenti sampai di sini.

Mengunjungi lokasi kedua, di UPTD Pelayanan Sosial dan PPA Dinsos P3A Kabupaten Tabanan, Srikandi Tabanan itu lanjut menyerahkan bantuan sosial yang sama secara adil dan merata. Bunda Rai sekaligus menyapa para penghuni panti yang tak hanya dihuni 7 orang lansia tapi juga oleh 20 orang dengan disabilitas mental. Bunda Rai sampaikan keinginannya untuk menggagas rumah singgah yang bermanfaat untuk membantu masyarakat Tabanan yang memiliki masalah sosial. “Ini adalah bentuk perhatian Pemerintah, dan Bapak Bupati melalui saya di K3S, menyatakan bahwa kita di pemerintah selalu ada. Terutama untuk kelangsungan rumah singgah di sini,” ucap Bunda Rai.

Secara pribadi, Bunda Rai sangat mengapresiasi sekali semua relawan dan tenaga pengurus yang telah merawat lingsir-lingsir (para orang tua) di sana. Semuanya dibilang luar biasa dan bagus sekali. “Itu merupakan hal yang tidak mudah, perlu ketulusan hati, jiwa dan Ikhlas secara kemanusiaan. Kedepannya, saya berharap dan inginkan di rumah singgah, adalah sinerginya. Terutama dari Dinas Sosial, bagaimana agar cita-cita saya ini bisa terwujud. Untuk terus diperhatikan dalam segi pengasuhnya, tenaga kesehatannya dan fasilitasnya. Oleh karenanya, selaku penggagas, saya tak hentinya minta dukungan, karena untuk berjalan sendiri tentunya tidak bisa, tapi kolaborasi dan sinergi yang baik untuk mewujudkannya,” paparnya lebih lanjut.

Baca Juga:  Tetap Kokoh, PDI Perjuangan Tak Terbantahkan di Kabupaten Tabanan

I Gede Nyoman Gunawan selaku Kadis Sosial juga memberikan dukungan penuh atas inisiasi Srikandi panutan Tabanan itu. “Saya menyambut baik apa yang ibu gagas, konsep yang sangat brilian dan luar biasa dengan adanya Rumah Singgah, semoga bisa memberikan manfaat. Dan tentunya kehadiran Ibu di sini, mudah-mudahan bisa membuat mereka bahagia, bagaimanapun juga orang tua dan saudara kita ini harus kita rawat,” katanya.

Tak hanya itu, Gusti Ketut Suardana selaku Ketua Yayasan Panti Asuhan Salam juga sampaikan terima kasihnya atas bentuk perhatian yang diberikan oleh Ketua TP PKK Tabanan pagi itu. “Kami atas nama keluarga Panti Asuhan mengucapkan banyak terima kasih karena Bapak dan Ibu sudah berbagi dengan kami. Terutama dalam rangkaian HUT Kota Tabanan yang kita cintai ini yang Ke-530. Besar harapan kami, Kota Tabanan menjadi Kota yang Aman, Unggul dan Madani, sehingga masyarakatnya bisa menjadi masyarakat yang Makmur kedepannya,” harap Ketua Yayasan Panti Asuhan Salam, Panti yang telah berdiri sejak tahun 1979. (ST-R)