fbpx
GianyarSosial

Konsisten Bersinergi Dalam Aksi Sosial, Ny. Rai Wahyuni Sanjaya Hadiri Pasar Rakyat Kabupaten Gianyar

suaratabanan.id | Gianyar – Konsistensi dalam mendukung berlangsungnya program TP PKK Provinsi melalui ragam aksi sosial, Ny. Rai Wahyuni Sanjaya.,S.H.,M.M selaku Ketua TP PKK Kabupaten Tabanan Kembali berkontribusi dan hadir dalam kegiatan Pasar Rakyat PKK Tahun 2023 dengan tema Berbelanja dan Berbagiyang digelar oleh TP PKK Kabupaten Gianyar dan berlangsung di Areal Krisna Oleh-oleh Bali, Gianyar, Jumat (14/4).

Termasuk dalam aksi sosial yang diinisiasi langsung oleh Ketua TP PKK Provinsi, Ny. Putri Suastini Koster, Program Pasar Rakyat PKK ini telah berlangsung sejak masa pandemi Covid-19 dan konsisten dilakukan hingga saat ini. Selain bertajuk sosial, kegiatan ini juga menjadi momen tatap muka seluruh Ketua TP PKK se-Kabupaten/Kota di Bali dengan masyarakat setempat, yang dinanti setiap bulannya. Nampak hadir saat itu, Ketua TP PKK Provinsi, Kadis PMD Provinsi dan juga Seluruh Ketua TP PKK Kabupaten/Kota Se-Bali.

Kegiatan pagi itu, tak lepas dari tujuan utamanya yakni memberikan kesempatan bagi masyarakat sekitar untuk menjual hasil bumi dan hasil kerajinan Gianyar yang bisa dibeli oleh Ketua dan Anggota PKK yang hadir untuk kembali dibagikan bagi masyarakat Gianyar yang membutuhkan. Manfaatnya pun dapat dirasakan di kedua sisi, keuntungan dalam menjual dan juga manfaat dari berbagi.

Baca Juga:  Organisasi Mahasiswa Hindu Gelar KMHDI Mengajar di Gianyar

Dalam hal ini, Ketua TP PKK Provinsi membagikan 200 paket belanjaan kepada masyarakat Gianyar yang terpilih, diikuti oleh pembagian 20 paket belanjaan oleh Ketua TP PKK Gianyar dan 10 paket belanjaan bagi 10 orang penerima oleh ketua TP PKK masing-masing Kabupaten/Kota di Bali, termasuk Kabupaten Tabanan.

Kegiatan ini sudah kita lakukan semenjak Covid-19 dan ingin untuk diteruskan, dan hanya sebulan sekali, jadi seperti arisan yang bergiliran ketempatan. Sekali lagi, untuk ibu-ibu Ketua TP PKK yang selalu bersinergi dan berkoordinasi, saya ucapkan terima kasih dan barangkali ini bisa menjadi contoh untuk provinsi lainKata Ny. Putri Koster dalam sambutannya. 

Di kesempatan itu, pihaknya juga mengingatkan terkait Karya Ida Batara Turun Kabeh yang sedang berlangsung di Pura Agung Besakih, agar ibu-ibu PKK bisa menerapkan Tata-titi persembahyangan dengan baik, berpakaian dengan baik serta selalu menjaga kebersihan sekitar. Sebab inisiasi Renovasi Pura Besakih telah dilakukan oleh Gubernur Bali demi kenyamanan masyarakat Hindu Bali dalam beribadah. 

Selain itu, para Ketua TP PKK yang juga selaku Ketua Dekranasda, kerap kali diingatkan agar selalu memanfaatkan kerajinan lokal daerah masing-masing di setiap kegiatan, terutama pelestarian kerajinan tenun Bali. Sebab, hal tersebut masih satu linear dengan program TP PKK yakni dalam upaya memajukan sandang.

Baca Juga:  Organisasi Mahasiswa Hindu Gelar KMHDI Mengajar di Gianyar

Dalam aksi sosial ini, Ny. Rai Wahyuni Sanjaya, sampaikan apresiasi dan dukungannya terhadap keberlangsungan program yang terbukti memberikan manfaat langsung bagi para penerima bantuan. Selaku Ketua TP PKK Kabupaten Tabanan, saya pastikan akan selalu memberikan dukungan terhadap program-program yang diinisasi Provinsi, terutama dalam aksi-aksi sosial seperti ini. Memang hanya sebulan sekali, tapi manfaatnya bisa dirasakan langsung oleh masyarakat. Makannya program ini berjalan terus meskipun kita sudah mulai beranjak dari masa pandemipapar Bunda Rai.

Terhadap pelestarian kerajinan di setiap daerah di Bali, sebagai Ketua Dekranasda, pihaknya juga serius menanggapi dan mendukung, Di Tabanan juga banyak sekali kerajinan-kerajinan khas seperti tas kau berbahan dasar batok kelapa dan kerajinan lainnya yang selalu kita dukung perkembangannya, kita gandeng untuk ikut pameran-pameran dekranasda dan kita berikan tempat khusus yaitu Pojok Dekranasda di Lobi Kantor Bupati untuk bisa dipamerkan dan dijualSambungnya lebih lanjut. (ST-R)