fbpx
SosialTabanan

Kuatkan Peran Masyarakat Dalam Menghadapi Pandemi dan Epidemi

Relawan Desa Belalang Dikukuhkan

TABANAN, SUARATABANAN.id – Dalam upaya meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat baik mencegah, mendeteksi dan merespon terhadap ancaman penyakit yang berpotensi terjadinya epidemi dan pandemi, PMI Kabupaten Tabanan bersama Desa Belalang melaksanakan pembentukan & pengukuhan Komite dan Relawan Desa Belalang, Sabtu, 16 April 2022, Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang rapat Desa Belalang, Kediri, sebanyak 5 orang Komite Desa dibentuk & dikukuhkan dan Relawan Desa sebanyak 20 orang yang terbentuk tahun 2018 hari ini dikukuhkan.

Perbekel Belalang I Made Mustika,mengatakan Kegiatan ini dilaksanakan bertujuan untuk menguatkan peran relawan Desa Belalang sebagai surveilans berbasis masyarakat dan garda terdepan ketika masa KLB/wabah terjadi seperti saat ini “Banyak kegiatan yang dilakukan relawan bersama PMI Kab. Tabanan seperti promkes, distribusi paket PHBS, spraying disinfektan, fogging dan masih banyak lainnya, maka dari itu, untuk memperkuat peran relawan kami mengeluarkan SK terkait komite dan relawan Desa ini” ujar Made Mustika.

Baca Juga:  Organisasi Mahasiswa Hindu Gelar KMHDI Mengajar di Gianyar

Program PMI yang diberikan kepada Desa Belalang melalui pembentukan Relawan tanggal 2 november 2018 hingga saat ini sangat dirasakan dampaknya di Desa, terutama saat terjadi suatu kasus yang berkaitan dengan adanya perkembangan penyakit berpotensi menjadi KLB, informasi cepat tersampaikan kepada PMI Kab. Tabanan dan cepat dilaksanakan kegiatan untuk merespon kasus tersebut, selain itu relawan juga melaksanakan promkes kunjungan rumah agar menyentuh masyarakat langsung sebagai upaya pencegahan penyakit itu terjadi

Nyoman Sukawirma selaku Penanggung Jawab Program CP3 Tabanan menjelaskan bahwa Relawan Desa Belalang dibentuk oleh PMI Tabanan melalui program CP3 (Community Epidemic and Pandemic Preparedness Program) atau Program Kesiapsiagaan Epidemi dan Pandemi Berbasis Masyarakat, dengan indikator Desa Belalang pernah terjadi kasus Demam Berdarah (DB), Pernah menerima program PMI sebelumnya (SIBAD) dengan respon cukup bagus.

Baca Juga:  Organisasi Mahasiswa Hindu Gelar KMHDI Mengajar di Gianyar

Berdasarkan rekomendasi dari Dinas terkait dan berdasarkan penilaian PMI Kabupaten Tabanan Desa Belalang dianggap mampu untuk melaksanakan Program CP3. “kegiatan ini merupakan suatu bentuk untuk memperkuat peran relawan Desa jika nantinya program CP3 ini berakhir, sehingga Desa kedepannya bisa memprogramkan untuk keberlangsungan kegiatan relawan” ungkap Nyoman Sukawirma

Menyelaraskan pemahaman program yang sudah dan akan dilaksanakan, diperlukan koordinasi yang baik antar lintas sektor yang ada, maka dari itu, dalam kegiatan ini kami menghadirkan Camat Kediri, Kepala Puskesmas III Kediri, Kepala Puskeswan Kediri dan Perangkat Desa Belalang, tutupnya. (rls/ar/db)