fbpx
Hukum

Personil Polsek Penebel Amankan Sembahyang Hari Raya Galungan Di Pura Luhur Batukau

TABANAN | suaratabanan.id – Untuk tetap terpeliharanya situasi keamanan dan ketertiban masyarakat, serta guna kelancaran pelaksanaan persembahyangan hari Raya Galungan yang berlangsung di Pura luhur Batukau, Desa Wongayo Gede, Kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan. Persembahyangan yang berlangsung pada hari Rabu Kliwon Wuku Dungulan tanggal 2 Agustus 2023 dari pagi hingga petang. Masyarakat yang datang bersembahyang bukan hanya dari kecamatan Penebel saja akan tetapi dari berbagai wilayah. Personil Polsek Penebel melakukan pengamanan dan pengaturan arus lalulintas pada jalur menuju Pura luhur Batukau yang berlokasi di Kaki Gunung Batukau – Desa Wongayo Gede.

 

Seijin Kapolres Tabanan AKBP Leo Dedy Defretes, S.H , S.I.K , M.H., Kapolsek Penebel AKP I Made Sutika, mengatakan bahwa “Personil yang ditugaskan saat ini adalah dari unit Patroli Samapta, Reskrim, Intelkam, Binmas dan bhabinkamtibmas. Hal ini dilaksanakan sebagai bentuk pelayanan Polri di bidang harkamtibmas, sehubungan dengan persembahyangan dalam rangka hari raya Galungan yang dilakukan masyarakat di Pura luhur Batukau. Pengamanan juga dilakukan bersama dengan stakeholder terkait dan Pecalang Pura Luhur Batukau”. Kata Kapolsek Penebel.

 

Kapolsek Penebel juga menjelaskan bahwa “selain dalam persembahyangan hari raya Galungan, masyarakat yang datang bersembahyang juga dalam rangka upacara pujawali /odalan yang akan dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 3 Agustus 2023”. Jelas Kapolsek Penebel.

 

“Untuk mencegah terjadinya mogok macet dan kepadatan arus lalulintas yang menuju arah pura luhur Batukau, kami telah melakukan koordinasi dengan instansi terkait termasuk dengan panitia penyelenggara upacara pujawali. Tempat Parkir Ditata sedemikian rupa dan arus keluar masuk areal parkir telah dilakukan penataan. Untuk personil Polsek Penebel selain melakukan pengamanan lokasi juga ditempatkan di berapa persimpangan utama arah menuju Pura luhur Batukau”. Ungkap Kapolsek Penebel

 

“Kami himbau masyarakat saat parkir kendaraan terutama sepeda motor agar mengunci body kendaraan, pastikan kunci sepeda motor telah dicabut sehingga tidak ada kunci nyantol, demikian pula hendaknya jangan menaruh barang berharga di bawah jok sepeda motor. Hati membawa barang bawaan seperti handphone maupun sarana persembahyangan jangan sampai terjatuh ” Tutup Kapolsek Penebel (ST-KY)