fbpx
CeremonialTabanan

Purnama Sasih Kedasa, Bupati Sanjaya Ajak ASN Konsisten Bangun Tabanan

Tabanan | suaratabanan.idRangkaian persembahyangan dalam rangka Purnama Sasih Kedasa, Bupati Tabanan, Dr. I Komang Gede Sanjaya, S.E.,M.M ajak para ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tabanan untuk semakin kompak dan konsisten dalam membangun Tabanan yang harmonis dan seimbang baik secara sekala dan niskala, Rabu (5/4).

Dalam upacara yang berlangsung di Padmasana Kantor Bupati Tabanan, nampak diikuti oleh Wakil Bupati, Sekda Tabanan beserta Para Asisten Setda, Para Kepala OPD di lingkungan Pemkab Tabanan dan Para ASN. Persembahyangan yang berlangsung dengan khidmat tersebut dipuput oleh Ida Bujangga Waisnawa Saking Griya Ole Marga.

Purnama Kedasa sebagai puncak dari seluruh purnama yang ada, merupakan hari yang disucikan oleh umat Hindu dalam upaya mensucikan diri secara jasmani dan rohani melalui doa, agar terhindar dari seluruh hal negatif sehingga memberikan dampak positif pada pikiran, perkataan dan perbuatan. Di hari yang baik ini, persembahyangan tak hanya dilakukan di padmasana kantor Bupati Tabanan namun juga dilangsungkan persembahyangan bersama di Pura Luhur Batukau, Desa Wongaya Gede, Kecamatan Penebel Tabanan.

Di hari yang suci ini, Bupati Sanjaya tak hanya memohon doa restu kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa, Tuhan yang maha kuasa dalam menjalankan roda pemerintahan, namun juga mengajak para OPD untuk mengimplementasikan apa yang didoakan. “Saya berharap, ayo sama-sama wujudkan Tabanan Era Baru ini, bersama dengan tindakan nyata dan implementasi, tingkatkan terus kekompakan” tekannya,

Di kesempatan itu, orang nomor satu di Tabanan tersebut juga memberikan contoh untuk selalu berbuat kebajikan. Salah satunya ialah menghormati alam dan lingkungan. “Sering saya ajak seluruh OPD dan pegawai untuk sembahyang di Pura Luhur Batukau sekaligus sering saya ajak untuk melepas burung, memberi makan ikan, itulah hal-hal sederhana yang kita lakukan, apapun yang kita berikan itu perbuatan yang baik, tidak mesti kepada manusia saja tapi ke alam lingkungan kita juga” ucapnya lebih lanjut.

Hal tersebut diimplementasikannya saat bersembahyang di Pura Luhur Batukau, di mana dalam kesempatan itu Sanjaya mengajak jajaran untuk menebarkan 200 ekor bibit ikan nila dan melepaskan 5 ekor burung. Lebih lanjut, Sanjaya juga menerangkan tentang berbagai perbaikan infrastruktur yang akan dilakukan di wilayah perkantoran Pemkab Tabanan di sepanjang tahun 2023, serta evaluasi-evaluasi program yang akan dikerjakan dalam memasuki 3 tahun masa kepemimpinannya.

“Kita harus terus bergerak bersama membangun Tabanan yang kita cintai, kerjalah bergotong-royong, saya senang sekali di Pemkab Tabanan ini untuk kerja secara gotong-royong, sehingga menjadi sebuah pekerjaan bersama, jangan lagi ada ego sektoral, saling jaga di antara kita. Ini adalah kebanggaan bagi saya sebagai pemimpin, Ketika teman-teman OPD sudah kompak bersatu, apalagi selama in kita sudah mendapatkan apresiasi kekompakannya di seluruh Bali, sudah mendapatkan pujian dan sudah sepatutnya terus dijaga” harapnya. (ST-R)